EKONOMI & SOSIAL

Home / Hubungan Investor / CSR / Ekonomi & Sosial

Ekonomi

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

Pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masih difokuskan pada pengembangan usaha kecil masyarakat. Dengan diawali melalui pemetaan sosial untuk memperoleh kekuatan dan potensi masyarakat untuk dapat berdaya guna, program yang dilaksanakan meliputi kelompok menjahita kain majun, peternakan (memberdayakan jamur merang dan penetasan bebek) dan industri makanan rumah tangga (membuat keripik singkong).

SOSIAL

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR, SEKOLAH DAN PELATIHAN

Pembangunan Infrastruktur, Sekolah dan Pelatihan Program penyaluran air bersih sekitar perumahan dan perkampungan yang bertujuan untuk memperlancar akses air bersih warga bermanfaat untuk kepentingan ekonomi dan sosial warga, telah memperoleh penghargaan Platinum dari Kementrian Koordinator bidang Kesejahteraan Masyarakat dalam Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM). Prestasi ini diraih karena CSR Jababeka berhasil memberdayakan masyarakat melalui pemberian akses air bersih ini sesuai dengan Millenium Development Goals (MDGs). Bantuan air dari yang semula bersifat gratis telah meningkat ke sistem pembayaran dengan harga subsidi dan saat ini sedang diupayakan meningkat ke sistem tarif berjenjang.

Program perbaikan jalan berupa pengaspalan telah dilakukan di beberapa titik jalan utama untuk menjaga kualitas kondisi jaringan jalan umum dalam Kawasan Industri Jababeka tetap baik.

BUDAYA

Dalam rangka kepedulian dan pemberian apresiasi terhadap budaya lokal yang ada di masyarakat,CSR Jababeka bekerja sama dengan pengurus rt/rw melakukan kegiatan pentas seni dan budaya.Partisipasi dan dukungan pada perayaan kegiatan keagamaan dan perayaan hari besar nasional, serta kegiatan khusus seperti donor darah, bantuan hewan kurban dan program “Gema Ramadhan” yang merupakan bakti sosial dengan menggalang kerjasama dengan beberapa tenant yang ingin berpartisipasi.

Kegiatan 5th Jababeka International Cultural festival yang pembukaannya dihadiri oleh Duta besar Vietnam, Duta besar China, Duta besar Rusia, Keluarga Kerajaan dari Kasepuhan Cirebon dan dari Tapanuli Selatan merupakan bentuk nyata perhatian dan komitmen Perseroan terhadap nilai budaya masyarakat lokal dan internasional. Kegiatan yang menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya dari dalam dan luar negeri ini memperoleh apresiasi dari pemerintah Kabupaten Bekasi karena mendidik masyarakat Bekasi. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dan mengenalkan budaya mancanegara kepada masyarakat.

PARTISIPASI DALAM BIDANG SEJENIS (CSR)

Dalam bersosialisasi dan koordinasi dengan mitra CSR baik swasta maupun pemerintah, CSR Jababeka telah memperoleh beberapa penghargaan. Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk CSR Jawa Barat bidang Kemanusiaan dan Lingkungan dan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Mitra Pembangunan Jawa Barat.

Untuk mendukung program MDGs yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia, CSR Jababeka juga turut berperan serta dalam MDGs tujuan keempat yaitu bidang pelayanan kesehatan anak balita di Desa Simpangan (Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat) yang berhasil memperoleh penghargaan Silver dan MDGs tujuan ketujuh yaitu bidang penciptaan akses terhadap air bersih di Kecamatan Cikarang Utara (Kabupaten Bekasi) yang memperoleh penghargaan Platinum dalam GKPM Awards 2012. Penghargaan Terbaik ini diserahkan langsung oleh Menko Kesra, Bapak. H.R. Agung Laksono.

BIDANG LINGKUNGAN

Program lingkungan Perseroan masih menggunakan slogan “Jababeka Go Green”. Untuk mewujudkan kota hijau, selalu berupaya untuk mengurangi kadar CO2 dengan melakukan penanaman pohon di dalam wilayah kawasan. Bekerja sama dengan Allianz dan Green radio melanjutkan penanaman 1.000 pohon trembesi. Bekerjasama dengan PT Wartsila melakukan penanaman pohon.

Bersama dengan warga masyarakat di perumahan melakukan kerja bakti rutin, pembuatan biopori dan penanaman pohon di lingkungan fasos dan fasum. Bersama dengan warga di sekitar Kawasan Industri Jababeka melakukan penanaman pohon di lokasi yang diinginkan oleh warga setempat.