INFRASTRUKTUR

Home / 3 Pilar / Infrastruktur

Pengolahan Air Bersih

Sebagai sumber utama kehidupan, masyarakat sangat bergantung pada air bersih, Jababeka menempatkan penyediaan air bersih sebagai hal terpenting. Air bersih untuk kawasan industri dan air minum bagi masyarakat disediakan oleh dua unit pabrik pengolahan air dengan kapasitas gabungan besarnya lebih dari 60.000 meter kubik per hari, yang dapat diperluas hingga hampir 80.000 meter kubik, sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh anak perusahaan Jababeka Infrastruktur.Untuk informasi lebih lanjut: Jababeka Infrastruktur

Pengolahan Air Limbah

Kota Jababeka dilengkapi dengan dua pabrik pengolahan air limbah, dengan kapasitas gabungan besarnya hampir 35.000 meter kubik per hari (dapat ditingkatkan menjadi 42.000 meter kubik), yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh anak perusahaan Jababeka Infrastruktur, yang mengolah air limbah dari penyewa di kawasan industri.
Sebagai komitmen Jababeka dalam mendukung kawasan industri hijau dan ramah lingkungan, Jababeka dianugerahi Piagam Penghargaan PROPER tingkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2009 dan 2011.

Untuk informasi lebih lanjut: Jababeka Infrastruktur

Pembangkit Listrik

Dalam rangka memenuhi kebutuhan energi dari kawasan industri dan sekitarnya, Jababeka memulai sebuah proyek Pembangkit Listrik 130MW pada tahun 2007. Proyek ini dioperasikan dan dikelola oleh anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh PT Bekasi Power. Jababeka menyadari bahwa di masa depan permintaan energi akan terus berkembang, itulah sebabnya disediakan pula ruang untuk pembangkit listrik 130MW yang kedua.

Pembangkit Listrik ini terdiri dari turbin gas 6B yang canggih, diproduksi oleh General Electric Energy dengan kapasitas masing-masing 40 – 42 MW sesuai rating ISO. Selain itu, ada dua generator uap dari Thermax Babcock and Wilcox Limited. Siklus gabungan ini dilengkapi oleh turbin uap dari Shin Nippon dengan kapasitas 46 – 50MW yang didorong oleh suhu uap bertekanan tinggi dari kedua generator uap, ditembakkan menggunakan gas buang dari turbin-turbin gas. Total kapasitasnya mencapai 130MW.

Gas bersumber dari milik negara Perusahaan Gas Negara (“PGN”) dan PT Bayu Buana Gemilang (“BBG”), anak perusahaan PT Pertamina.

Dengan peralatan standar internasional dan pasokan gas yang banyak, Bekasi Power memastikan suatu Uninterruptible Power Supply (“UPS”) dengan harga kompetitif yang akan membantu mendukung kekuatan jaringan energi nasional Indonesia dan pertumbuhan industri pada tahun-tahun mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut:
Bekasi Power Office
Jl. Tekno 8
Kawasan Industri Gerbang Teknologi
Cikarang, Kota Jababeka, Bekasi 17550
Jawa Barat, Indonesia
Ph. 62 21 8984 2690 / 8984 2698
Fax. 62 21 8984 2699
Email. csbp@jababeka.com

Cikarang Dry Port

Cikarang Dry Port terletak secara strategis di Kawasan Industri Jababeka pada jantung kawasan manufaktur terbesar di Jawa Barat dan di Indonesia, rumah bagi lusinan Kawasan Industri dengan lebih dari 2.500 perusahaan, baik perusahaan multinasional maupun usaha kecil dan menengah (UKM).

Sebagai perpanjangan pintu gerbang Pelabuhan Internasional Tanjung Priok, segala macam dokumen serta perizinan dapat diselesaikan di dalam Cikarang Dry Port. Cikarang Dry Port mulai dioperasikan pada tahun 2010 dan terletak di jantung kawasan manufaktur terbesar di Indonesia di sepanjang kawasan Bekasi-Cikampek, Jakarta Timur. Sekitar 200 hektar dialokasikan untuk dry port yang mudah diakses menggunakan jalan raya dan kereta api.

Cikarang Dry Port menawarkan layanan satu atap untuk penanganan kargo serta solusi logistik untuk ekspor dan impor internasional, demikian pula untuk distribusi domestik. Cikarang Dry Port menyediakan pelabuhan serta jasa logistik yang terintegrasi dengan puluhan perusahaan logistik dan supply chain; seperti eksportir, importir, pengangkut, operator terminal, stasiun kontainer, gudang, transportasi, logistik pihak ketiga (3PL), depo kontainer kosong, serta bank dan fasilitas pendukung lainnya.

Cikarang Dry Port kini membuka layanan pertama di Indonesia dengan menghubungkan Cikarang Dry Port dan pelabuhan lainnya di seluruh dunia yang akan mulai dilayani dengan berpedoman pada Multimodal Transport Bill of Lading, beserta dengan Maersk Line, MCC Transport dan Safmarine. Pelanggan cukup menempatkan kode pelabuhan internasional Cikarang Dry Port (IDJBK) sebagai Tempat Pengiriman dan Tempat Penerimaan dalam pemesanan menggunakan Maersk Line, MCC Transport dan Safmarine. Hal ini akan mempermudah penelusuran, kepastian, dan produktivitas dalam kegiatan supply chain.

Dengan adanya semua pihak yang terlibat dalam satu tempat, koordinasi kerja akan menjadi lebih baik serta produktivitas pun dapat ditingkatkan. Hal ini menjadikan Cikarang Dry Port sebagai tempat yang tepat untuk segala kegiatan supply chain Anda.

Untuk informasi lebih lanjut: Cikarang Dry Port

Manajemen Estate

Selain Pabrik Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah, Jababeka juga menyediakan jaringan serat optik dengan kapasitas hingga 10 Gigabit/s didukung oleh PT Telkom Indonesia, PT Indonesia Comnet Plus ( Icon + ) dan PT Indosat. Public Switched Telephone Network (PSTN) mendapatkan pasokan dari PT Telkom Indonesia dengan kapasitas 25.000 jaringan telepon, menyediakan layanan untuk bisnis dan individu.

Jababeka berinvestasi dalam peningkatan kualitas jalan dan program layanan saluran drainase air, sebuah kantor pemadam kebakaran dan alat pemadam kebakaran, keamanan 24 jam, penerangan umum dan transportasi publik, yang semuanya termasuk dalam jasa manajemen estate Jababeka.

Komite Pemberdayaan Masyarakat dan Service Cikarang ( LPPM – C ), yang merupakan bagian dari tim manajemen estate, telah mengembangkan program-program tanggung jawab sosial dan berkomitmen untuk mengembangkan sinergi positif dan menciptakan kemitraan antara perusahaan dan entitas lain di dalam dan luar Kota Jababeka untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup dan integritas masyarakatnya. LPPM – C mirip dengan administrasi pemerintahan atau wali kota yang memiliki kekuatan untuk mengikat hubungan dan melayani kepentingan terbaik bagi masyarakat industri dan lainnya di dalam dan sekitar Kota Jababeka. Mereka membuat perbaikan dalam keamanan jangka panjang, pembangunan ekonomi dan masyarakat, citra dan kesejahteraan perusahaan-perusahaan, komunitas dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk informasi lebih lanjut: Jababeka Infrastruktur