Jababeka dan KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri

Wartaekonomi.co.id : Untuk mempererat pertukaran budaya Indonesia-Jepang, Jababeka Residence dengan didukung Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) menggelar Festival Sakura Matsuri pada Sabtu (31/8/2019) hingga Minggu (1/9/2019 ) di Komplek Graha Pariwisata, Stadion Wibawa Mukti, Jababeka-Bekasi.

Presiden Direktur Jababeka Residence Suteja Sidarta Darmono mengatakan Sakura Matsuri 2019 merupakan yang kedelapan kalinya digelar. Saat ini sekitar 5.000 ekspatriat Jepang tinggal di Jababeka.

“Kami mendukung pertukaran budaya khususnya Indonesia dan Jepang. Apalagi masyarakat Jepang di Kabupaten Bekasi ini cukup besar dan mungkin paling besar terkonsentrasinya disini. Jadi kami ingin melayani mereka dan masyarakat lokal.Jadi ini merupakan salah satu cara untuk interaksi pertukaran budaya,”Kata Suteja di sela pembukaan Festival Budaya Sakura Matsuri 2019.

General Manager Marketing Corporate Jababeka Residence Handoyo Lim mengungkapkan alasan pemilihan lokasi festival di kota Jababeka karena didorong perusahaan menjadi salah satu kawasan yang memiliki jumlah masyarakat Jepang terbanyak di Indonesia. Persisnya, lokasi festival ini berdekatan dengan kawasan Golf City Jababeka.

Sementara itu Bupati Bekasi H.Eka Surpria Atmaja mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan ini karena berbagai macam pertunjukkan seni dan budaya antar kedua negara akan tersaji secara meriah.

“Kita tidak perlu jauh-jauh ke Jepang karena acara ini bisa menjadi tambahan hiburan untuk mengenal lebih dekat kebudayaan yang ada di Jepang di Kabupaten Bekasi,” kata Eka.

Ia pun berharap hubungan antara Indonesia dan Jepang akan semakin terjalin dengan erat agar dapat saling menggali dan mengembangkan potensi kerjasama di sektor ekonomi, teknologi, pariwisata dan budaya.

“Kabupaten Bekasi saat ini tengah berupaya menata dan membangun dari berbagai sektor unggulan termasuk diantaranya sektor kepariwisataan yang perlu didukung oleh banyak pihak. Acara ini membuktikan bahwa budaya dan komunikasi telah mempertemukan kita,” Ucapnya.

Selama dua hari tersebut, Festival Sakura Matsuri diramaikan dengan serangkaian acara menarik dan penampilan artis dan musisi asal Jepang dan Indonesia, seperti JKT 48, Hiroaki Kato, Enka Girls, Yoshimoto Comedian Project, Shojo Complex, Cikarang Keion Club, Jakarta Keion Club, Ren-Ai, kazu, Naira, Voir, An’la, Shodo Performance yang selalu menarik banyak perhatian pengunjung.

Festival Sakura Matsuri juga menghadirkan berbagai booth bazar yang menyuguhkan berbagai macam produk dari merchandise hingga kuliner Jepang.

Di samping itu, terdapat kompetisi antar perusahaan yang berada di Cikarang yaitu kompetisi Miss Sakura 2019 yang memperebutkan hadiah jalan-jalan gratis ke Jepang.

Artikel ini telah tayang di Wartaekonomi.co.id dengan judul “Jababeka dan KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri”.

https://www.wartaekonomi.co.id/read244292/jababeka-dan-kaji-gelar-festival-sakura-matsuri.html

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Fajar Sulaiman

Foto: Boyke P. Siregar

Jababeka dan KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri

Tinggalkan Balasan