fbpx

Konsorsium PT Jababeka Tbk bersama dengan PT Samudera Indonesia Tangguh

Pada tanggal 15 Oktober 2020 Konsorsium PT Jababeka Tbk (“Perseroan”) bersama dengan PT Samudera Indonesia Tangguh (“SIT”) menyerahkan dokumen pengadaan prakualifikasi Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban Provinsi Jawa Barat (“Proyek”) kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sesuai dengan surat undangan yang disampaikan kepada Samudera Group dan pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Republik Indonesia pada tanggal 3- 30 September 2020.

Pada 12 Oktober Perseroan memulai kerjasama dengan Samudera Group dengan membentuk konsorsium yang dipimpin oleh SIT dan diberi nama “Samudera-Jababeka Consortium”.

Jababeka sebagai kota pengembang berbasis kawasan industri yang memiliki kawasan industri di Cikarang dan Kendal sangat mendukung upaya pemerintah yang bertujuan untuk kelancaran kegiatan logistik khususnya di Jawa Barat sehingga dapat memperkuat daya saing industri nasional. Dari segi lokasi dibandingkan dengan pelabuhan internasional Tanjung Priok, Patimban lebih dekat dengan sentra produksi dan pabrik Kawasan Industri Jababeka dan sekitarnya yang saat ini menjadi pusat kegiatan ekspor-impor terbesar di Indonesia. Untuk itu diharapkan keikutsertaan dalam Proyek dapat menjadi peluang bisnis bagi Perseroan selain dapat menekan biaya logistik baik untuk distribusi domestik maupun ekspor. Perseroan juga memiliki Cikarang Dry Port yang telah beroperasi di Kawasan Industri Jababeka sejak tahun 2011 dengan throughput tahunan hampir 100.000 TEUs.

“Kami menyambut baik ajakan kerjasama dan sinergi dari Samudra Indonesia karena mereka sudah memiliki pengalaman di bisnis logistik dan sebagai operator terminal dan kami yakin masuk akal untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pelaksanaan proses prakualifikasi Pelabuhan Patimban. Kami akan Mempelajari syarat dan ketentuan secara lebih detail jika kita lulus tahap prakualifikasi dengan tetap memperhatikan persyaratan kepatuhan kita, terutama yang terkait dengan perjanjian global bond kita, serta peraturan pasar modal sebagai perusahaan publik ”ujar Budianto Liman , Direktur Utama PT Jababeka Tbk.

Konsorsium PT Jababeka Tbk bersama dengan PT Samudera Indonesia Tangguh