MEMBANGUN 100 KOTA

Home / Hubungan Investor / Membangun 100 Kota

Visi

Untuk membangun kota-kota mandiri yang modern di setiap provinsi di seluruh indonesia dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk kehidupan yang lebih baik.

IMPIAN

Pada tahun 1989, Cikarang, Bekasi hanya berupa sebidang tanah liat kering. Sekelompok 21 orang bekerja sama untuk membentuk PT Jababeka, dengan visi membangun Kawasan industri. Masterplan dibuat untuk 5.600 hektar dan selama kurun waktu 25 tahun, berbagai infrastruktur fisik dan sosial dibangun untuk mendukung pertumbuhan kota.

Termasuk pembangkit listrik 130MW, sebuah Universitas dan pelabuhan darat. Pada tahun 2014, lebih dari 600.000 orang bekerja dan tinggal di kota dan terus tumbuh selaku permintaan ekonomi di wilayah tumbuh dengan meningkatnya aktivitas manusia.

Dengan populasi lebih dari 260 juta orang yang tersebar lebih dari 6.000 pulau yang belum berpenghuni, perlu diketaui bahwa sekitar 90% dari pertumbuhan ekonomi nasional berakar dari daerah-daerah di luar Jawa. Selain berpusat di Jakarta, ada banyak kesempatan untuk pertumbuhan di daerah-daerah lain di Indonesia.

Oleh karena itu, PT Jababeka percaya bahwa banyak kota-kota lain yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Ketika kota-kota berkembang,penduduk di daerah lainnya akan menerima pendidikan lebih baik dan akses ke peluang hidup lebih baik. PT Jababeka berkomitmen untuk terus bekerja dengan pemerintah daerah di Indonesia untuk menduplikasi keberhasilan Kota Jababeka di provinsi mereka masing-masing. Itulah impian kami untuk membangun 100 kota di Indonesia.

STRATEGI untuk mewujudkan IMPIAN kami

Mimpi ini bisa terwujud. Dengan GDP yang akan menghantam US$ 1 triliun pada tahun 2014 dan sumber daya alam yang banyak, ada beragam peluang di seluruh wilayah Indonesia. Langkah pertama adalah untuk mengidentifikasi lokasi dengan potensi terkuat untuk tumbuh. Langkah berikutnya adalah untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan ini dan membuat konektivitas yang diperlukan ke ekonomi global untuk pengembangan daerah.

Setelah konektivitas didirikan, akan ada pertumbuhan pada permintaan ekonomi di wilayah itu yang akan mendukung pengembangan daerah. Melalui hubungan yang kuat dengan Pemerintah lokal, PT Jababeka akan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur di daerah untuk melengkapi pembangunan kota. Fasilitas infrastruktur tersebut dapat mencakup dry port dan jalan.

PT Jababeka juga akan menerapkan pengalaman di pengembangan kota untuk membuat masterplan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan semua pemegang saham, termasuk masyarakat sosial dan para investor.