Resmi, Pemerintah Indonesia Tetapkan Kendal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah- Indonesia, yang telah diisi 58 tenant sejak berdiri tahun 2016, kini resmi menyandung status baru, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus. Dengan menyandang status KEK, maka investor akan banyak mendapat keuntungan.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Kendal sebagai KEK baru per 18 Desember 2019, tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) No.85/2019.

Dalam PP tersebut dijelaskan bahwa Kawasan Industri Kendal memiliki keunggulan geoekonomi karena kawasan tersebut berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani, Pelabuhan Tanjung Emas, dan dilewati Tol TransJawa, Jalur Pantura, serta Jalur Kereta Api Ganda Jakarta-Semarang-Surabaya.

“KEK Kendal memiliki luas lahan 1.000 hektar yang terletak di Kecamatan Kaliwungu dan Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Dari luas lahan tersebut bakal terbagi 3 zona yang menjalankan 3 fungsi, yaitu pengolahan ekspor, zona logistik dan zona industri, ” kata Juliani Kusumaningrum selaku Head of Marketing & Sales Kendal Industrial Park, di Menara Batavia, lantai 25, Jakarta Pusat-Indonesia, baru-baru ini.

Juliani juga menambahkan bahwa KEK Kendal mempunyai keunggulan geostrategis, yakni terdapat industri berorientasi ekspor, substitusi impor, produk berteknologi tinggi dan berbasis aplikasi yang mendukung industri 4.0. 

Dengan status baru yang dimiliki Kendal, artinya investor yang masuk ke KEK Kendal akan mendapatkan banyak insentif, baik itu pajak, fiskal dan kepabeanan. Semisal untuk insentif pajak, investor bisa dapat insentif libur pajak (tax holiday) hingga 100 %.  Semua tergantung dari berapa besar jumlah investasinya.

Juliani pun berharap dengan status KEK yang baru disandang Kawasan Industri kendal bisa membuat investor semakin tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di KEK Kendal.

Adapun Kawasan Ekonomi Khusus Kendal merupakan hasil bisnis dari perusahaan pengembang kota terpercaya dari Indonesia, yaitu Jababeka Group dengan developer ternama asal Singapura, Sembcorp Development. Jadi, para investor tak perlu cemas jika berinvestasi di sana karena dua developer tersebut sudah punya kredibilitas yang baik, dan bahkan KEK Kendal didukung penuh oleh pemerintah Indonesia.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang keuntungan-keuntungan berinvestasi di KEK Kendal, silahkan kunjungi https://www.kendalindustrialpark.co.id/

Resmi, Pemerintah Indonesia Tetapkan Kendal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Tinggalkan Balasan